Jumat, 04 Mei 2012

cerpen => Because of My Novel

“Ye, hari ini kita bakal bebas lagi dari theorema angka-angka ga jelas itu”. Kata Fandi setelah ia mendengar staf sekolah mengatakan bahwa Pak Adul, guru matematika disekolahku tidak bisa mengajar hari ini. Ya beginilah anak SMA jaman sekarang kalau gurunya tidak bisa mengajar. Semua murid-murid pergi ke luar kelas, entah mau ngecengin kakak kelas, pergi ke kantin, ada juga yang hobinya ngegosip mulu. Dibandingin mereka, aku lebih milih buat baca novel kesukaan ku.
“Fa kantin yuk, daripada kamu baca novel terus, kaga bosen apa ya?!”. Tanya Kira yang bad moodnya lagi keluar.
“Ndak ah duluan aja, ceritanya masih lagi seru-serunya nih”. Kataku yang gak bisa diganggu.
“Kaga seru kali sih kamu fa”. Gumam Kira sambil meninggalkanku sendiri di kelas.
   Itulah aku yang tergila-gila sama yang namanya novel. Oya, namaku Efa, tepatnya sih Kleofatra. Itu nama dikasi katanya biar aku secantik ratu mesir itu, tapi sayangnya aku anaknya gak suka ngikutin mode yang lagi ngetren, aku lebih mending buat jadi anak alim di sekolah dan aku gak secantik Ratu Kleofatra. Aku sekolah di SMA ternama di bandung, aku baru kelas 1 disni. Aku paling suka sama yang namanya novel, gara-gara novel juga aku ga begitu akrab sama temen-temen sekolahku. Aku lebih milih baca novel daripada ngelakuin hal-hal yang gak jelas. Terkadang, bukan terkadang lagi sih udah sering tepatnya mamah ama papah marahin aku gara-gara baca novel aja kerjaannya. Mereka sampe ngumpetin semua novel-novelku di rumah. Kckckc, sampe segitunya ?! Hehe.

   Bel pulang pun berbunyi, semua anak bergaburan keluar dari sekolah. Sambil nunggu jemputan dari rumah aku lebih milih baca novel lagi. Aku gak pernah bosen dah ngelakuin hal yang satu ini. Tapi untungnya nilaiku gak pernah jatuh sampai sekarang, semester pertama kemarin aku masuk urutan pertama di sekolah. Saking serunya baca novel aku gak liat jalan sedikitpun dan “Bruk”. Aku terjatuh dan novelku terjatuh entah dimana dan itu karena Kevin, anak kelas X2 yang dapet peringkat kedua setelah.
“Tuh kan jatuh, makanya kalo jalan ya jalan aja, jangan sambil baca”. Kata Kevin yang sambil bantuin aku berdiri lagi.
“Maaf ya, udah ngerepotin” kataku sambil kesakitan.
“Ya, lain kali ulangi lagi ya biar ngerepotin orang lain”.
“Kleo, kleo cepet masuk masuk mobil”. Teriak seorang wanita dari kejauhan, dan itu mamah. Tanpa basa-basi lagi aku langsung lari ninggalin Kevin dan novelku yang entah kemana larinya.
“Kamu itu, dari tadi mamah dah nungguin kamu disini, bentar lagi mamah mau meeting sekarang sama client”. Saut mamah yang selalu sibuk sama kerjaannya dia, tapi dia selalu menyempatkan waktunya buat jemput anak satu-satunya.
“Iya mamah ku yang paling cantik and yang paling baik ini. Tadi ada orang yang nabrak aku, ya jadinya lama deh. Maaf ya mama”. Jawabku sambil nyium pipinya yang masih awet muda itu.
“Siapa suruh jalan sambil baca novel, itu dah akibatnya. Sudah berkali-kali mamah bilangin, hentiin baca novel mu itu, atau bila perlu mamah sita semua novelmu itu ya. Kapan-kapan jalan keluar sama cowokmu kenapa, daripada baca novel terus”. Sindir mamah yang selalu marahin aku setiap saat.
“Tuhkan tuhkan mulai lagi. Mamah aku kan masih kecil, jadi belum boleh buat pacaran. Eh udah sampai rumah, dada mamah. Love you”. Selalu aku bisa mencari alasan untuk menghindar dari marahannya mamah. Hehe. Masa orang masih kecil disuruh pacaran sih. Iklan pajak pasti dating kalo gini, “apa kata dunia?”.
   Sampainya di dalam kamar aku merasa ada yang terlupakan. “Novel, oh god novelku, gawat nih kalo kaya gini mana aku gak punya nopenya Kevin lagi. Oh gawat, gawat itu novel hadiah dari bibi yang di prancis. Novel itu lagi ngetren-ngetrennya”. Kataku sampai kebingungan beberapa lama dan akhirnya ku putuskan dengan terpaksa untuk mengambilnya besok di sekolah.
   Keesokan paginya, seperti biasa aku selalu sampai di sekolah lebih awal daripada teman-teman yang lainnya. Sudah gak heran setiap pagi kayak gitu, aku berangkat sama mamah dan papah yang mesti berangkat pagi-pagi ke kantor. Disisi lain aku bisa baca novel deh. Hehe.
Waktu ulangan harian pas aku lagi sibuk-sibuknya aku baca novel lain, aku gak merhatiin kalo aku belum jawab soal yang waktunya lagi 5 menit. Oh god, kenapa aku seceroboh ini. Akhirnya nilaiku jeblok. Aku Cuma dapet 40 di ulangan matematika. Mamah sama papah dipanggil buat dating ke sekolah gara-gara nilaiku yang satu itu. Setelah pertemuan di ruang BK itu berakhir, aku dapet petuah-petuah dari mamah sama papah.
   “Kleo kamu itu sudah papah bilangin buat jangan keseringan baca novel terus, sekarang tahukan rasanya gimana. Nilaimu semua jatuh, mulai hari ini kamu gak boleh lagi baca novel kalau nilaimu itu masih turun, semua novel di rumah papah sita dan kalo kamu sampai ketauan baca novel lagi, kamu gak dapet uang jajan satu semester”. Kata papah yang bener-bener marah sama aku.
   “Kleo muali sekarang kamu harus ikut organisasi apapun yang ada di sekolah. Mamah tau kamu jarang bergaul sama yang lain, kamu terus aja baca novel, novel, dan novel. Makanya kamu sedikit puya temen. Mamah nanti bakal daftari kamu ke organisasi-organisasi yang cocok sama kamu, dan jika kamu gak dateng nilai kamu bakal mamah suruh kurangin”. Tambah mamah yang kecewa sama aku. Aku memang gak begitu tertarik sama yang namanya organisasi makanya mamah kayak gitu sama aku.
“Iya mah, pah, aku bakal nurutin semua omongan kalian”. Jawabku sambil menundukkan kepala yang gak berani liatin muka mamah sama papah yang lagi marah. Aku paling gak berani kalo mereka sudah kaya gini.
Ketika aku mau balik lagi ke kelas tiba-tiba, “Bruk”. Seseorang menabrakku dan dia berkata “Makanya kalo jalan liat ke depan bukan ke bawah,”. Lagi-lagi Kevin yang menabrakku, dengan tatapan kosong aku hanya berkata “Maaf, maaf banget ya aku gak sengaja nabrak aku, ini salahku, maaf ya”. “Hem gimana ya” jawabnya. “Maaf deh, bener aku gak sengaja ngelakuinnya, aku bener-bener minta maaf banget”. Sautku tanpa melihat wajahnya. “Gak mau ah. Oya, nih novelmu yang kemaren kamu tinggalin, novel ini bener-bener ngerepotin aku banget, mana harus ketemu sama cewek kayak kamu lagi”. Ucapnya dengan nada tinggi. “Makasih, maaf sudah ngerepotin lagi. Novel ini emang ngerepotin orang. Dan aku gak mau lagi ketemu sama orang kayak kamu”. Jawabku lagi sambil mengambil novelnya dan langsung aku buang ke bak sampah yang ada di dekatku.
Siang ini mau gak mau aku harus ngikutin ekstrakulikuler musik. Gak begitu susah sih, soalnya aku dirumah privat musik, maen piano, gitar sama bas sudah aku kuasai, dan sekarang aku masih latian biola, untuk yang satu ini aku agak kewalahan. Aku harep sih kegiatan nih gak bakal ngebosenin terutama sama orang-orangnya.
“Efa, sebagai anggota baru kmu harus memperknalkan diri dahulu di depan”. Kata Mr. Doremi guru musik yang bakal ngajarin aku.
“Hi semua, kenalin aku Efa dari kelas X1 dan mohon bantuannya ya. Trimakasih”.
“Oh anak pencinta novel itu toh anak baru disini”. Kata seseorang di belakang sana yang terlihat heran dengan keikut sertaanku.
“Efa kamu bertugas untuk menjadi pemegang biola, karena kita juga kekurangan porsonil untuk pemegang biola. Apakah kamu bisa ?”. Tanya Mr. Doremi.
Aku kaget dengan perkataan itu, kenapa harus biola yang aku pegang. Dengan terpaksa aku menjawab, “Iya, siap Mr. tapi saya belum bisa memainkan biola dengan lancer, masih hamburadul”. Kataku sambil kaget.
“Oh itu masalah gampang, si cutar bakalan ngajarin kamu sampai kamu bisa”.
“Cutar? Siapa cutar mr. ?”. Sahutku dengan penuh Tanya.
“Kenapa manggil cutar-cutar??”. Dari kejauhan terdengar suara yang sudah tidak asing lagi bagiku.
“Loh kok?? Kok kamu lagi sih?? Dunia ini emang sempit ternyata”. Jawabku dengan penuh gengsi.
“Idih, siapa juga yang mau ketemu sama cewek yang gak punya temen kaya kamu”. Jawabnya dengan tegas.
“Sudah-sudah kalian kaya kucing(Kevin) sama tikus(Efa) aja”. Kata Mr. doremi sambil tertawa terbahak-bahak.  Semenjak Mr. doremi bilang begitu, Kevin jadi manggil aku kuskus dan aku manggil dia utar.
Latian pun terus berjalan dengan seiring berjalannya waktu. Kami terus berlatih-berlatih dan berlatih. Akhirnya aku tetap saja gak bisa. Utar mengajakku latihan di rumahku dan mau tak mau aku hanya mengiakannya dengan terpaksa karena kebetulan guru musikku gak bisa ngajar selama semester ini. Setelah musik, aku harus mengikuti priat vocal di rumah. Aku pernah jadi juara modeling, nyanyi solo, dance sama cipta lagu. Tapi itu semua karena aku privat da privat setiap hari di rumah, aku lebih memilih kegitan itu dibandingankan ikut organisasi di sekolah. Di sekolah aku lebih mending milih jadi murid yang pendiem daripada pamer sama temen lain. Mamah sama papah membebaskanku melakukan kegiatan apapun yang positif.
Hari minggu, biasanya aku sudah baca novel seharian, tapi sekarang aku gak bisa lagi. Aku gak berani ngelanggar aturannya papah sama mamah baca novel, walaupun mamah sama papah lagi ke luar negeri buat ngerayain pernikahan mereka. Tapi kali ini tiba-tiba Kevin dateng kerumahku. Dari raut mukanya sih dia kelihatan keheranan di rumahku. Mbak Rin yang membukakan pintu untuknya.
Diperjalanan dia terheran-heran dengan disekitarnya ketika aku antar Kevin ke lantai bawah untuk ke ruang musik. “Aku baru tahu ternyata kamu punya saudara perempuan, dia pinter modeling ya. Trus penghargaan ini semua punya dia ya?! Multitelen banget. Dia punya buku banyak banget ya, mana terkenal-terkenal semua. Oya, tapi kok fotonya dia aja dimana-mana, fotomu mana??”. Katanya dengan banyak pertanyaan yang belum sempat ia katakana.
“Udah gak perlu liat fotoku, mau digimanain aja mukaku bakal kaya gini juga. Ayo cepet kesnini”. Jawabku dengan agak marah.
Akhirnya kami berlatih untuk belajar biola terus, terus, dan terus. Latihan ini selalu kita lakukan setiap hari minggu. Sampai akhirnya aku bisa memainkan sebuah lagu dengan lancar. Tadinya aku berfikir tidak akan pernah bisa memainkan sebuah lagu menggunakan biola dengan lancar. Tanpa sengaja aku memeluk Kevin dan berkata, “Utar makasih iya udah mau ngajarin aku sampe aku bisa mainin lagu dengan lancar. Makasi iya, berkat kamu aku bisa”. Ternyata jhny juga memelukku dengan hangat dan berkata, “Eh, iya sama-sama kuskus”. Setelah aku sadar aku melepaskan pelukanku darinya, wajahku mulai memerah dan aku meminta maaf kepadaya. Kevin hanya tersenyum dan setengah tertawa. Dari sanalah persahabatan kita mulai terjalin.
Organisasi demi organisasi aku ikuti di sekolah dengan penuh semangat, dan tanpa sadar aku sudah tidak pernah lagi membaca novel lagi. Sekarag aku mempunyai banyak teman dan sahabat di sekolah maupun di luar sekolah. Diakademik aku idak pernah lagi mendapat nilai kecil. Persaingannya sangat ketat untuk menjadi yang terbaik. Termasuk bersaing dengan sahabatku sendiri, utar.
Tahun demi tahun berlalu, dan sekarang adalah tahun terakhir di sekolah ini. Ujian demi ujian aku lewati dengan penuh percaya diri. Tidak sia-sia perjuanganku selama ini, aku mendapatkan nilai terbaik untuk semua ujian dan begitu juga dengan Utar, dia juga sama sepertiku mendapatkan nilai terbaik.
Di sore hari yang cerah, aku memainkan biolaku dengan penuh rasa senang di pinggir kolam ikan di belakang. Diiringi dengan kicauan burung, gemericik air mancur, dan juga daun-daun yang bergoyang-goyang seakan memperlengkap alunan lagu yang aku mainkan. Tiba-tiba mamah sama papah manggil aku, katanya sih mau ngomong sesuatu gitu.
“Kleo habis ini kamu mau ngelanjutin dimana?”. Mamah tiba-tiba nanyak kayak gitu.
“hem, kleo sih maunya ngelanjutin mau jadi designer atau gak mau jadi pengusaha aja kaya mamah sama papah, kan biar ada yang ngelanjutin perusahaannya papah”. Jawabku sambil tersenyum.
“tapi mamah sama papah ngebebasin kamu mau jadi apa, masalah perusahaan masih bisa kita handle sayang”. Tambah mamah yang meyakinkan.
“tapi itu keinginanaku mah pah. Pertama aku bakal ngambil jurusan designer habis itu aku bakalan ngambil jurusan marketing. Mamah sama papah gak perlu kawatir sama aku, aku udah pikirin bener-bener”. Sautku dengan penuh senyum.
“iya sudah kalo memang itu keputusanmu, berarti bulan depan kamu sudah bisa langsung ke  French. Tempat tinggal papah yang disana juga sudah lengkap, jugaan univercitynya kan deket”. Kata papah yang mendukungku.
“oke deh pah. Makasih iya mah pah. Love you”.
“Love you too sayang”. Saut mamah sama papah.
Keesokan paginya utar mengabariku bahwa nanti malam ada pesta perayaan kelulusan di SMA. Dengan senang hati aku menjawab akan datang tepat waktu kesana. Aku tidak seperti cewek lain yang pasti bakalan sibuk memilih pakaian apa yang akan dia gunakan untuk datang ke pesta dan dandanan apa yang akan mereka pakai saat itu. Menurutku itu semua hanya membuang waktu saja. “Just think a simple think that you can. You must be yourselves”. Kataku setiap kali melihat baju-baju di lemariku.
Pesta itu pun mulai. Tidak ada yang istimewa yang kuunakan, hanya saja malam itu aku membawa mobilku sendiri tanpa papah. Semua orang menyambutku dengan penuh ceria. Ditengah-tengah acara, salah seorang temanku menyuruhku untuk naik ke atas panggung. Dan,
“Efa, it’s not joking but this is seriously, will you be my girlfriend?!”. Tanya seorang laki-laki dari kejauhan sana.
“Who are you?! If you gently  just come forward”. Jawabku
“What is your answer?”. Tambahnya lagi.
“Hahaha, ternyata dirimu tar. Hem gimana ya?” jawabku kaget setelah melihat wajahnya.
“Please J”. Katanya dengan penuh senyum.
“Yah, I will be your girl friend”. Jawabku dengan senang.
Saking gembiranya dia langsung naik ke atas panggung dan langsung memelukku dan mencium bibirku. Semua teman bersorak-sorai. Gak nyangka mala mini bakalan kaya gini akhirnya. Tapi bagus deh sebelum aku ninggalin dia buat sekolah. “Nice moment for this night”. Dia adalah yang pertama untukku.
Sebulan kurang satu hari sebelum keberangkatanku aku jalani dengan utar. Sampai saat ini juga aku belum memberitahunya tentang kepergianku besok. Menurutku lebih baik seperti itu agar dia tidak mengetahuinya.
“Kleo, pergi yuk?”. Panggil mamah dari bawah.
“Pergi kemana mah?”. Tayaku.
“Iya ikut saja sama mamah, juga kamu besok mau pergi kan? Oya inget dandan iya, pake baju yang modife ya”. Tambahnya.
“Iya,iya mamahnya kleo yang cerewet”. Jawabku dengan penuh tawa.
Celana pendek, baju style casual tapi unik, higheel, tas ungu kecil yang menyelempang di sampingku dan rambut terurai menjadi paduanku dan pilihanku untuk pergi saat ini. Dengan menaiki jazz merah, mamah mengajakku pergi ke mall. Katanya sih mau ketemu sama temen lamanya. Ya sambil jalan-jalan gitulah.
Sesampainya disana, ketika aku melangkahkan kakiku, orang-orang disekitarku melihatku dari ujung kaki sampai ujung rambut. Entah ada yang salah denganku atau bagaimana. Sesampainya di tempat tujuan setelah beberapa lama terdiam sendiri, dari kejauhan aku melihat seseorang yang sangat aku kenal, dan itu adalah Kevin. Tapi dia tidak hanya sendiri, tapi dia dengan wanita yang asing bagiku. Mereka terlihat seperti sepasang kekasih yang telah lama menjalani hubungan.
Aku pergi dan menghampirinya ketika dia sedang merangkul si wanita asing itu. Dia sangat kaget melihatkku seperti ini.
“Efa ini beneran kamu atau bukan!?”. Tanyanya sambil melepaska rangkulan tangannya.
“Hm iya, kenapa?! Gak suka ?! oh, kamu kan lebih suka sama cewek yang lebih cantik, dan yang modis. Tapi sayagnya aku gak kaya gitu. Aku kan cewek yang cupu gak kayak cewek mu ini. Kita mending putus aja. Kita bukan shabat lagi”. Jawabku sambil mencari mamah untuk pergi darisana. Walaupun mamah agak heran sama tigkahku.
“Mah boleh gak aku ganti jadwal penebranganku dari malem jadi pagi, ya mah ya please. Aku udah bosen lama-lama diem disini terus”. Tanyaku dengan tampang memelas.
“Iya,iya mamah ijinin. Apa kamu gak kangen ntar sama Kevin?!’. Tanya mamah yang penasaran.
“Gak, ngapain aku kangen sama orang kayak gitu kleo gak punya waktu wad ngelakuin itu”. Jawabku dengan jutek.
Pagi itu dengan penampilan kayak kemarin tapi dengan perbedaan dari model baju dan segi warna yang berbeda, aku siap berangkat ke bandara. 10 menit sebelum keberangkatanku, Kevin dateng dia hanya meminta maaf dengan semua yang telah ia lakukan kemarin. Dia hanya memberikan sebuah kotak yang isinya novelku yang 3 tahun yang lalu aku buang di tempat sampah. Semenjak saat itu aku sudah tidak pernah membaca novel lagi. Ternyata dia mengambil novel itu, karena dia tahu dengan novel itu adalah novel kesukaanku diantara semua novel yang aku punya. Dia juga sudah tahu dari pertama bahwa foto-foto yang ada di rumahnya itu semua adalah dia. Sebenarnya jonhy sudah menyukai Efa dari semenjak MOS, tapi baru sebulan yang lalu dia berani menyatakan perasaannya kepada Efa. Cewek yang kemarin dia ajak itu adalah sepupunya dari Amerika yang sekarang sedang berlibur ke Bandung. Tapi sayangnya, Kevin terlambat mengatakan itu semua kepada Efa yang sudah berangkat ke prancis.
5 tahun berlalu sudah. Efa kembali ke Bandung dengan segudang prestasi yang telah ia raih di universitasnya. Sebenarnya dia 3 tahun sudah lulus dengan nilai terbaik pada kedua jurusan yang dia ambil. Dan lagi 2 tahunnya dia menghabiskan untuk mencari pengalaman di Negara-negara lain.
Pulang-pulang bukannya aku disambut dengan hangat melainkan, mamah dan papah menyuruhku bertunanagan dengan sahabat kecilnya papa. Hanya bertunanagan saja, jadi aku setuju-setuju saja.
Acara pertunangan pun di gelar di villa keluarga. Yang membuat aku heran orang yang akan ditunangka kepadaku itu adalah Kevin. Sungguh marah hatiku kepada papah dan mamah. Tapi Kevin menjelaskan panjang lebar tentang semua yang sebenarnya terjadi dan memperkenalkanku kepada saudaranya itu. Mulanya aku tidak percaya kepadanya. Tapi semua orang menyakinkannku.
“Efa will you marry me !?”. Tanyanya.
“Yah”. Jawabku dengan singkat, padat dan jelas.
Tiba-tiba Kevin langsung menggendongku dan mencium sangat lama. Kevin sekarang sudah menjadi pengusaha termuda dan terkaya di Eropa. Sungguh hari kepulanganku sangatlah bahagia. Tidak lama setelah itu kami memilih tinggal di Itali. Di sana juga akan dilaksanakan pernikahan bak seorang raja kucing dan ratu tikus. That’s occur because of my novel.
The end. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar